Pondok Pesantren

OPINI

Oleh : Raru Nias Production

Awal Bulan Agustus 2021, seharusnya pertengahan bulan Juli Tahun Ajaran Baru di mulai, tetapi karena pandemi Covid yang belum juga mereda sehingga belum terlihat aktifitas di sekolah-sekolah formal di Indonesia. Semua Sekolah Formal masih menerapkan program pengajaran dengan metode jarak jauh atau Online.

Masih seperti tahun lalu, kali ini tahun jaran baru masih diisi dengan metode belajar jarak jauh, alhasil setahun sudah anak-anak kita belum bertemu dengan teman temannya di sekolah selama setahun terakhir, tidak aada canda tawa di sekolah, tidak ada upacara kenaikan bendera di sekolah dan semua aktifitas di sekolah tidak ada, kecuali beberapa orang guru dan petugas sekolah yang piket.

Berbeda dengan Pondok Pesantren, mulai tahun ajaran kali ini sudah menerima peserta didiknya untuk menetap di pondoknya dan memulai aktifitas belajar mengajar. Aktifitas sudah mulai dilakukan dengan tetap muka, tentu saja sebelum masuk ke pondok sudah di periksa kesehatannya dan hanya siswa yang dinyatakan sehat bisa menetap di pondok.

Di saat sekolah formal belum menerapkan sekolah Tatap Muka, maka Pondok Pesantren menjadi pilihan terbaik untuk mendidik putra-putri kita. Dengan menitipkan anak didik kita di Pondok Pesantren, bukan hanya Ilmu Agama yang didapatkan karena sekarang banyak Pondok Pesantren Modern yang sudah menerapkan sekolah formal sebagai basis pendidikannya.

Untuk orang tua memang akan terasa berat untuk melepaskan anaknya di pondok, tetapi tidak sedikit juga yang melepaskannya dengan ikhlas karena ini bagian dari bekal ilmu yang di berikan ke anak-anak kita. Sebagai orang tua akan berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, apapun kondisinya.

Semoga anak-anak kita bisa beradaptasi dengan baik di pondok pesantren dan dapat menerima ilmu yang diberikan oleh guru-guru mereka. Banyak dari anak-anak kita yang akhirnya tidak maksimal memanfaatkan belajar dengan system online ini.

Akhirnya semua kembali ke anak-anak kita yang menjalaninya, tapi menurut saya Pondok Pesantren untuk saat ini adalah pilihan terbaik dimana anak didik kita akan bisa belajar dengan tatap muka dan bisa berinteraksi dengan teman-temannya.

Semoga Pandemi Covid segera berakhir, dan anak anak kita bisa belajar dengan normal.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *