Optimalisasi Pendidikan di Masa Pandemi

OPINI

Oleh : nana

Situasi Pandemi Covid-19 masih mengakibatkan pelaksanaan belajar mengajar di Tahun Ajaran 2021/2022 ini dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2021 melakukan program kerja dengan melakukan pendampingan bimbingan belajar dari rumah untuk anak-anak yg masih bersekolah. Guna mengoptimalkan pendidikan di masa pandemi ini.

Peserta KKN menyelenggarakan Program Kerja (Proker) dari daerah mereka masing-masing. Contohnya yang di lakukan di Kecamatan Ramcasari, Bandung. Pendampingan Pembelajaran Melalui Bimbingan Belajar di Rumah ini dilaksanakan di SDN 263 Rancaloa.

Proker KKN ini memfokuskan kepada anak-anak sekolah yang harus sekolah di rumah dengan mengerjakan tugas dan mengirim tugas sekolah dalam jaringan (Daring) dengan menggunakan aplikasi atau sosial media.

Dimana aplikasi dan sosial media ini sebagai sarana belajar yang sering digunakan untuk mendukung belajar mengajar disekolah mereka, untuk Sekolah dasar (SD) adalah WhatsApp.

“Optimalisasi Pendidikan yang dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan kepada orang tua siswa, pendampingan pembelajaran dari g kepada siswa, penguatan pembelajaran daring, dan menggunakan media pembelajaran daring. Karena kebanyakan siswa masih perlu beradaptasi dengan cara belajar dengan metode baru ini yang semula hanya untuk chating dengan teman, sekarang harus di alih fungsikan menjadi sarana belajar di masa pandemi.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membantu siswa dan orang tua serta memberitahukan betapa pentingnya peran media sosial untuk mendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar (KMB) dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Disamping itu siswa lebih bijak dalam menggunakan gadged untuk memperbanyak pembelajaran daripada digunakan untuk bermain game.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *