Bangga! Ikut Olimpiade Matematika Tingkat Internasional, Siswa Indonesia Raih Medali Perak

Materi

JAKARTA – Kabar gembira datang lagi untuk Indonesia. Perwakilan tim siswa SMA Indonesia berhasil meraih medali perak dalam ajang olimpiade internasional bidang Matematika. Tim dari Indonesia tersebut bersaing dengan tim negara lain seperti, Bulgaria, Iran, Kazakhstan, Romania, Singapura, dan beberapa negara bagian dari Russia Federation.

Olimpiade Matematika ini diikuti oleh 94 siswa dari berbagai negara. Oleh sebab itu, persaingan berlangsung dengan ketat untuk memperebutkan 3 medali emas, 7 medali perak, 4 medali perunggu, dan 13 honorable mention untuk tingkat SMA.

Sementara itu untuk tingkat SMP memperebutkan 4 medali emas, 4 medali perak, 9 medali perunggu, dan 5 honorable mention.

Hasilnya, tim siswa Indonesia yang berada di bawah asuhan Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) berhasil membawa pulang 2 penghargaan second degree diploma yang setara dengan medali perak, 1 perunggu, dan 3 honorable mention.

Perlu diketahui Yayasan Simetri adalah yayasan pembinaan siswa Indonesia untuk berkompetesi di ajang olimpiade. Melalui Yayasan Simetri, perwakilan dari Indonesia dipimpin oleh Surya Wijaya, M,Sc, dan Ajat Adriansyah, S,Si. Nama siswa-siswa yang berhasil menyabet prestasi tersebut untuk Indonesia di antaranya:

– Andrew Daniel Janong dari SMAK 5 Penabur Jakarta;

– Rafael Kristoforus Yanto dari SMAK Penabur Gading Serpong;

– Sandy Kristian Waluyo dari SMAK Penabur Cirebon;

– Joshua Jodrian Oey dari SMAK Penabur Gading Serpong;

– Noriko Khang dari SMP Angelus Custos 1 Surabaya.

Menurut Yayasan Simetri sebagai pihak pembimbing, kemenangan ini sebagai bukti bahwa siswa Indonesia pun mampu bersaing di bidang Matematika di kancah Internasional.

“Hal ini sekali lagi menunjukkan bahwa ada anak-anak Indonesia yang mampu bersaing dalam bidang Matematika dengan siswa negara manapun di dunia ini. Hasil gemilang berasal dari kerja keras,” tulis keterangan tertulis pihak Yayasan Simetri kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Olimpiade Matematika tingkat internasional ini bernama International Olympiad Tuymaada (Mathematics, Physics, Informatics) ke-28 yang digelar secara daring pada pada 24 Juli- 3 Agustus 2021 kemarin.

Kompetisi skala internasional yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Repulic of Sakha (Yakutia), Russia Federatio ini berlangsung selama dua hari. Kemudian para peserta lomba mengerjakan delapan soal matematika dalam waktu sepuluh jam.

Pihak penyelenggara mengusung topik Aljabar, Teori Bilangan, Geometri, dan Kombinatorika dalam olimpiade internasional bidang Matematika kali ini. Sekali lagi, selamat untuk tim Indonesia!

Sumber : detik.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *