Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Anak Selama PJJ

PJJ

JAKARTA – Selama masa pandemi seperti ini, anak-anak diharuskan untuk belajar online melalui gadget dikarenakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jika si kecil kesulitan memahami pelajaran dari sekolah, Bunda bisa menggunakan aplikasi belajar online lho. Aplikasi belajar online tersebut ada yang berbayar tetapi juga gratis.

Aplikasi belajar online ini tentunya memiliki layanan dan fitur-fitur yang menarik. Tentunya dengan memiliki fitur-fitur tersebut dapat memotivasi anak belajar online dengan mudah. Materi yang disampaikan juga melalui guru-guru yang berpengalaman di bidangnya.

Melansir dari laman HaiBunda berikut adalah 5 aplikasi belajar online yang memudahkan si kecil belajar:

1. Ruangguru

Ruangguru adalah aplikasi belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 300 ribu pengajar di Ruangguru yang siap memberikan materi pelajaran selama anak di rumah.

Tidak hanya itu sudah 69% penggunanya yang diterima di universitas negeri. Ruangguru sendiri dapat diakses untuk anak SD, SMP, SMA, dan SMK. Fitur yang dimiliki ruang guru yaitu kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya.

2. Cakap

Cakap adalah aplikasi belajar online untuk mengasah kemampuan bahasa asing anak. Bunda bisa memilih kursus Bahasa Inggris, Korea, Mandarin, Jepang, dan Indonesia.

“Cakap adalah pelopor pertama platform belajar bahasa asing online di Indonesia. Metode belajar dua arah antara pengajar dengan Sobat Cakap secara online,” tulis Cakap dalam situsnya.

Terdapat 65 pengajar asing dan lokal serta lebih dari 200 ribu murid yang berhasil.

3. Zenius

Zenius memberikan beberapa layanan gratis yang dapat diakses selama masa pandemi. Materi yang terdapat di Zenius sendiri diperuntukkan untuk anak SD-SMA sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia.

Beberapa fitur di Zenius yaitu Live Class, Try Out, dan ZenBot untuk mencari solusi masalah matematika yang tersedia 24 jam.

4. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar online gratis yang dirilis oleh pemerintah. Layanan di Rumah Belajar gratis untuk siswa PAUD hingga SMA.

“Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis,” tulis Kemdikbud dalam situs Rumah Belajar.

Rumah Belajar memiliki beberapa fitur seperti kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan laboratorium maya. Fitur kumpulan soal dan materi dikelompokkan berdasarkan topik ajar.

5. Quipper

Quipper adalah aplikasi belajar online yang memiliki layanan berbayar dan gratis. Dalam layanan Quipper School, anak bisa bergabung untuk mendapatkan materi belajar secara gratis. Quipper memiliki layanan tanya jawab dengan tutor profesional.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *