Meningkatkan Minat Literasi Sejak Dini Yuk!

OPINI

Oleh : Nur Anisah

Literasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang sejak dini, karena literasi dapat kita gunakan sebagai bekal sehari — hari disaat sudah dewasa nanti. Namun saat ini kita tengah menghadapi suatu permasalahan yang sangat serius, yaitu rendahnya minat literasi masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada di ranking 62 dari 70 negara yang diteliti. Rendahnya minat literasi dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti rendahnya daya saing masyarakat Indonesia, Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak kompetitif, hingga rendahnya inovasi. Dengan berbagai masalah yang muncul tersebut, maka kita harus meningkatkan minat literasi masyarakat Indonesia dan hal itu dapat kita lakukan sejak dini.

 

Lalu bagaimana cara memulainya?

Pertama tentu saja kita harus mengenalkan anak kepada dunia literasi dan meningkatkan minat literasinya. Terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengenalkan dan meningkatkan minat literasi, kegiatan tersebut adalah :

  • Membacakan buku cerita dan dongeng sebelum tidur

Salah satu kegiatan sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membacakan buku cerita dan dongeng sebelum tidur secara rutin. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu anak meningkatkan kemampuan mendengar, memahami dan juga memperluas kosa katanya.

  • Menyediakan buku bacaan

Orang tua dapat membantu menyediakan buku bacaan di rumah dengan cara membuat perpustakaan mini yang memiliki suasana yang tenang dan nyaman yang dapat membuat anak betah berlama — lama disana.

  • Menetapkan waktu membaca

Ajaklah anak dan anggota keluarga lainnya untuk membaca bersama minimal 20 menit setiap harinya. Selain meningkatkan minat baca, kegiatan ini pun dapat dijadikan kegiatan untuk mempererat hubungan antara anggota keluarga.

  • Melaksanakan tantangan membaca

Anak — anak sangat menyukai tantangan, apalagi jika ada reward yang menanti mereka. Hal ini dapat kita gunakan untuk memotivasi anak dalam membaca dan belajar hal — hal baru. Contohnya adalah memberikan tantangan untuk menyelesaikan buku dalam 1 minggu.

  • Menonton dengan subtitle

Percaya atau tidak menonton film dapat menjadi salah satu kegiatan pembelajaran untuk anak. Ajaklah anak untuk menonton film berbahasa asing dengan subtitle, kegiatan ini dapat menjadi bentuk latihan berbahasa asing dan juga membaca cepat.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kita contoh untuk meningkatkan minat literasi sejak dini. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat terutama generasi muda agar dapat menanamkan budaya literasi yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga dapat bermanfaat bagi masa depan negara kita tercinta, Indonesia.

 

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *