Perempuan dan Pendidikan

OPINI

Oleh : Nurhayati

Pernah gak denger other people bilang ” ah ngapain sih sekolah tinggi-tinggi toh juga nanti akhirnya berkecimpung di dunia perdapuran”

Sepertinya kalimat tersebut sudah tidak asing terlintas di telinga para readers, khusunya perempuan. Sering kali statement negatif banyak mengarah pada perempuan, dan memang sudah menjadi kebiasaan akan hal tersebut.

Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia. Dengan pendidikan, manusia bisa menggunakan akal dan pikiran untuk senantiasa bertaqarrub kepada sang pemberi akal, yaitu Allah Swt.

Perempuan dalam ranah pendidikan, tentunya sangat memiliki peranan penting. Kenapa? Karena dari rahim perempuan akan lahir generasi-generasi terbaik yang dipilih oleh Allah Swt.

Untuk meneruskam estafet kekhalifahan di bumi ini. Dari dalam rahim, bayi akan merekam, meniru, menelaah apa saja yang menjadi kebiasaan maupun perkataan seorang ibu. Sehingga bisa dibayangkan jika perempuan tidak memiliki bekal pendidikan yang memumpuni maka akan banyak kemungkinan yang terjadi.

Pendidikan bagi perempuan , tidak hanya bisa didapat dari instansi resmi seperti sekolah atau universitas. Tetapi tanamkan dalam mindset bahwa semua tempat adalah ruang ilmu atau ruang pendidikan. Dengan itu, setiap langkah akan terasa memiliki manfaat dan faedah karena selalu teriringi dengan ilmu.
Perempuan adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Bagaimana sang ibu mendidik anaknya dari buaian tentu akan berpengaruh hingga anak besar nanti. Oleh karena itu, perempuan memilki andil yang sangat besar dalam dunia pendidikan.

Dalam pandangan islam, laki-laki dan perempuan sama-sama diperintahkan untuk menuntut ilmu . Artinya tidak ada ketimpangan gender dalam dunia pendidikan. Siapapun itu, dari manapun, ras apapun, golongan apapun, tetap memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpendidikan.

Untuk para perempuan di luar sana, marilah genggam tangan bersatu padu membuktikan eksistensi kita pada dunia bahwa kita adalah jiwa yang erat dengan pendidikan, jiwa yang selalu haus dengan ilmu, dan jiwa yang enggan mundur demi menyelamatkan diri, orang lain, dan generasi yang akan lahir dari perempuan tangguh seperti kita. Dengan pendidikan kita merdeka, dengan beradab kita bahagia.

Terima kasih untuk perempuan-perempuan yang sedang berjuang mati-matian, lelah-lelahan untuk mengenyam pendidikan. Kalian hebat, kalian kuat, kalian tangguh, kalian luar biasa.

 

Sumber : kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *