Media Pembelajaran Video Animasi Literasi untuk Anak Usia Dini

OPINI

Oleh : Hana Lathifah

Pandemi COVID-19 seperti saat ini, memberikan dampak yang sangat nyata di setiap bidang kehidupan masyarakat, khususnya dampak pada bidang Pendidikan. Oleh karena itu, pada tanggal 17 Maret 2020, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Dalam Surat Edaran tersebut berisikan mengenai pembatalan Ujian Nasional, adanya aturan pelaksanaan Ujian Sekolah dan kenaikan kelas, penerimaan peserta didik baru, serta aturan untuk belajar di rumah selama masa pandemi melaui pembelajaran tatap muka dengan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran daring (online).

Seperti dalam isi surat edaran di atas, situasi ini membuat siswa diharuskan belajar dari rumah, sehingga para guru harus mempersiapkan media pembelajaran terbaik untuk siswa.

Media pembelajaran menjadi sangat penting pada situasi seperti saat ini. Pentingnya sebuah media yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak. Video Pembelajaran Animasi dipilih sebagai media literasi baca tulis untuk anak usia dini karena sangat bermanfaat untuk menstimulasi aspek perkembangan berbahasa anak dimasa pandemi seperti saat ini. Penggunaan Media ini juga dapat menambahkan kosakata pada anak.

Video Animasi yaitu sebuah gambar yang bergerak yang berasal dari kumpulan beberapa objek dan kemudian disusun secara khusus sehingga dapat bergerak sesuai dengan alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu.

Anak-anak juga lebih tertarik untuk melihat serta memperhatikan video dengan audio dan visual, yang tentunya audio dan visual tersebut sesuai dengan kategori usia mereka, sehingga dapat memudahkan anak-anak dalam belajar. Selain itu, media pembelajaran video animasi ini juga dapat menanamkan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam ceritanya.

 

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *