Penguatan Literasi Baca Tulis, Numerisasi, dan Sains Melalui Pembiasaan Membaca E-Book

OPINI

Oleh : ifqy Ilham Novandra

Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) gelombang II, Universitas Pendidikan Indonesia dimulai sejak tanggal 26 Agustus dengan terfokus kepada satuan pendidikan pada jenjang tertentu sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KKN.

Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa/i Universitas Pendidikan Indonesia tetapi tentunya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak dilingkungan masyarakat sekitar.

Kuliah Kerja Nyata Gelombang II ini mengangat tema Literasi baca tulis dan numerisasi di sekolah. Tentunya tema ini diangkat berdasarkan sebuah riset yang menyebutkan bahwa Indonesia berada diposisi terakhir dalam hal literasi baik baca tulis, matematika dan sains.

Maka dari itu, kegiatan Kuliah Kerja Nyata gelombang II ini tefokus untuk meningkatkan literasi baca tulis, numerisasi, dan sains.

Pembelajaran saat ini dilakukan secara tatap maya menggunakan berbagai macam gawai atau perangkat internet untuk menghubungkan satu sama lain guna sebagai media dalam transisi ilmu pengetahuan.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran secara daring tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan karena tentunya guru tidak dapat memantau secara langsung para peserta didik dirumah.

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi seiring dengan perkembangan zaman. Dahulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis.

Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Sebagai contoh kemampuan seseorang untuk bisa memahami dan memaknai literasi juga menjadi semakin berkembang.

Misalnya seperti membaca dan menulis tidak hanya menggunakan buku secara fisik, tetapi dengan berkembangnya zaman, membaca dan menulis dapat dilakukan dengan media elektronik.

Melalui literasi baca tulis, siswa diajarkan untuk mampu berpikir melalui proses membaca yang kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan hingga akhirnya dapat menerapkannya dalam proses kegiatan sehingga dapat menghasilkan suatu karya.

Melalui literasi juga siswa diharapkan dapat berfikir dan memahami maksud dari isi bacaan yang telah mereka baca.

Guna meningkatkan literasi baca tulis, numerisasi , dan sains melalui pembiasaan membaca berbagai macam e-book atau buku online yang tersedia di internet. Dengan mengumpulkan berbagai macam bahan bacaan non pelajaran diharapkan dapat meningkatkan pembiasaan literasi pada peserta didik dalam hal baca tulis, numerisasi, dan juga sains.

KKN UPI gelombang 2 yang dilaksanakan di SD Negeri 11 Tanjung Pinang membuat beberapa program yang diharapkan dapat meningkat pembiasaan literasi seperti menyediakan berbagai bahan bacaan non pendidikan atau pelajaran didalam satu googledrive dan disebarluaskan kepada guru dan peserta didik untuk memulai pembiasaan literasi.

Selain itu juga membuat video literasi pada materi pembelajaran yang nantinya akan dibaca dan dipahami oleh peserta didik sebagai salah satunya upaya meningkatkan minat literasi baca tulis, numerisasi, dan sains.

Selain menggunakan e-book dan juga video literasi, mahasiswa KKN membuat media pembelajaran lain beberbentuk power point yang akan di tampilkan pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran berlangsung.

Siswa diminta untuk mencari bahan bacaan lain yang mereka sukai seperti cerita pendek, dongeng, dsb, setelah mencari, siswa melakukan literasi yang tujuannya untuk memahami isi dari cerita yang mereka pilih dan stelah dipahami siswa tersebut membuat video yang bertujuan untuk menceritakan isi dari cerita yang mereka pilih.

 

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *