5 Persiapan Sekolah Tatap Muka untuk Anak, Orang Tua Perlu Tahu

PTM

JAKARTA – Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas atau sekolah tatap muka telah dilaksanakan di beberapa daerah. Dalam sekolah tatap muka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak tidak tertular Covid-19.
Berikut adalah 5 hal yang harus dipersiapkan orang tua untuk melaksanakan sekolah tatap muka terbatas:

1. Memberikan Pemahaman Kepada Anak tentang Corona
Memberikan pemahaman kepada anak ini penting dilakukan agar anak dapat mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Berikan pemahaman tentang Covid-19 sebaik mungkin kepada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti.

“Pertama, berikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak. Berikan gambaran mengenai apa sih Covid itu. Apa saja yang dihadapi oleh orang-orang di masa pandemi,” kata dokter spesialis anak dr Natasya Ayu Andamari yang dikutip dari laman HaiBunda.

Orang tua harus memberikan pemahaman mengenai penularan Covid-19 jika mengikuti sekolah tatap muka. Apabila anak memahami hal tersebut maka mereka akan mengikuti prokes dengan ketat.

2. Membawa Bekal
Agar tetap sehat dan terjaga selama sekolah tatap muka, orang tua sebaiknya juga membawakan anak bekal dengan asupan gizi seimbang. Selain itu berikan anak sarapan yang tepat juga.

“Biasanya jam makan akan dibatasi saat PTM terbatas. Maka dari itu, bawa bekal secukupnya saja. Tetapi jangan sampai anak kelaparan, disesuaikan bekal apa nih yang cocok untuk anak di masa pandemi. Harus yang ringkas agar dapat makan lebih cepat,” ujar Natasya.

3. Vaksinasi
Walaupun anak usia di bawah 12 tahun belum dapat melakukan vaksinasi Covid-19, orang tua tetap harus memastikan kelengkapan imunisasi anak. Selain vaksinasi juga siapkan vitamin yang aman dikonsumsi untuk anak dalam jangka panjang.

4. Mengajarkan Konsep 3M
Jangan lupa untuk mengajarkan anak konsep 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ketiga aspek tersebut merupakan hal penting yang harus dilakukan selama pandemic.

Selain itu orang tua juga harus membekali anak dengan peralatan yang wajib dibawa saat ke luar rumah. Gunakanlah masker khusus anak agar tidak longgar saat dipakai dan bawakan juga masker cadangan.

5. Menjaga Kebersihan Anak
Selain membawakan anak dengan bekal dan masker, jangan lupa berikan anak gel pembersih tangan. Disinfektan juga dapat diberikan kepada anak guna membersihkan berbagai peralatan sekolah dan permukaan meja anak saat sekolah tatap muka.

 

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *